Masigit – Guntur, 2009

Di penghujung tahun 2009 yang lalu, kami berkesempatan untuk survey ke daerah gunung Masigit – Guntur, kabupaten Garut. Gunung Guntur (yang sebenarnya tidak memiliki puncak tunggal, melainkan terdiri dari beberapa puncak gunung) memiliki puncak ketinggian sekitar 2249 m di atas permukaan laut. Untungnya (atau sayangnya?), puncak Guntur dan Masigit bukanlah tujuan utama kami, melainkan kawah-kawah di sekitar puncak gunung tersebut yang menjadi tujuan utama kami.

jalur pendakian yang berpasir-kerikil menuju gunung Guntur

Hari pertama, kami menetapkan gunung Guntur sebagai tujuan awal kami. Perjalanan dimulai dari desa Sukakarya (Samarang) yang terletak di sisi selatan gunung Guntur, menuju Cikahuripan. Dari Cikahuripan langsung menuju gunung Guntur. Jalur tersebut memiliki kemiringan yang cukup landai dan sebagian besar jalur merupakan ruang terbuka padang rumput savanna, sedangkan bagian hutan hanya sedikit yaitu menjelang sampai di lembah gunung Guntur. Di sebagian jalur tersebut juga beririsan dengan jalur pasir kerikil bekas aliran lava, dan tidak ditemukan sumber air selain di Cikahuripan tadi. Perjalanan melalui jalur ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Sementara di hari kedua, kami menuju gunung Masigit yang dimulai dari desa Dano (Leles) yang terletak di sebelah timur-laut gunung Masigit. Medan pendakian kali ini lebih terjal dari hari pertama sehingga lebih menguras tenaga. Selain itu, jalur ini tidak melewati padang terbuka, tetapi melalui hutan dan di beberapa tempat terdapat sumber air. Meskipun menguras tenaga, lama pendakian sedikit lebih singkat daripada pendakian hari pertama, yaitu “cukup” tiga jam saja. Dari kedua puncak kedua gunung tersebut, kita dapat melihat keindahan bentang alam dan kota Garut dari kejauhan. Kalau sudah begini, rasanya segala kepenatan mendaki gunung terbayar sudah.

pemandangan kawah Miring di gunung Guntur

pemandangan dari atas gunung Guntur

pemandangan dari gunung Masigit

kawah Kukus di gunung Masigit

Posted on January 24, 2010, in geothermal, travel and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment